• Minggu, 27 November 2022

Tak Perlu Was-was! Facebook, Instagram dan WhatsApp Telah Terdaftar di PSE Kominfo

- Selasa, 19 Juli 2022 | 19:45 WIB
Facebook, Instagram dan WhatsApp telah terdaftar di PSE Kominfo per tanggal 19 Juli 2022 (Unsplash.com/Shyam Mishra)
Facebook, Instagram dan WhatsApp telah terdaftar di PSE Kominfo per tanggal 19 Juli 2022 (Unsplash.com/Shyam Mishra)

NASIONAL.ID - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengeluarkan aturan terkait Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Privat .

Sebagaimana di kutip NASIONAL.ID dari laman kominfo.go.id, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, yang menyebut aturan PSE Lingkup Privat wajib buat semua perusahaan teknologi, baik asing maupun domestik (lokal). Semua diwajibkan mendaftar ke negara.

" Semua Penyelenggara Sistem Elektronik, PSE Lingkup Privat, baik swasta murni maupun yang badan usaha milik negara harus melakukan pendaftaran PSE untuk memenuhi persyaratan perundang-undangan kita paling lambat tanggal 20 Juli ini sudah harus melakukan pendaftaran," kata Johnny kepada wartawan di Jakarta, pada Minggu 17 Juli 2022.

Baca Juga: Siapkan KTP, Klik Link Cek Bansos Kemensos, Cek Nama Penerima PKH 2022

Kata Johnny, pendaftaran pun sangat mudah dilakukan melalui OSS atau online single submission, jadi tidak ada lagi alasan secara administrasi.

Kominfo, kata Johnny G Plate,tidak akan segan-segan untuk melakukan pemblokiran terhadap perusahaan teknologi, baik asing maupun lokal, jika tidak mentaati aturan PSE Lingkup Privat.

Jika perusahaan tidak mendaftarkan PSE paling lambat tanggal 20 Juli 2022, maka akan dianggap ilegal. 

Baca Juga: KM Cahaya Arafah Tenggelam di Halmahera Selatan 13 Penumpang Hilang

Produk atau perusahaan yang masuk dalam daftar PSE Lingkup Privat diantaranya adalah Google, Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, Telegram hingga YouTube.

Halaman:

Editor: Andi Awal Tjoheng

Sumber: pse.kominfo.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X