Tahap Finalisasi, Roadmap Perhutanan Sosial Bulukumba Segera Diajukan ke Kementerian LHK

- Selasa, 26 Juli 2022 | 08:16 WIB
Workshop multipihak penyusunan finalisasi roadmap perhutanan sosial Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Bulukumba (Doc.Humas/Kominfo Bulukumba )
Workshop multipihak penyusunan finalisasi roadmap perhutanan sosial Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Bulukumba (Doc.Humas/Kominfo Bulukumba )

NASIONAL.ID - Kabupaten Bulukumba melalui Pokja PPS (Kelompok Kerja Percepatan Perhutanan Sosial) yang telah terbentuk beberapa bulan lalu, telah membuat "roadmap", dan kini memasuki tahap finalisasi.

Finalisasi dikemas dalam workshop multipihak perhutanan sosial yang digelar oleh Yayasan Edukasi di aula kantor Bappelitbangda Bulukumba, Senin, 25 Juli 2022.

"Ini pertemuan terakhir terkait roadmap perhutanan sosial. Finalisasinya, harus selesai hari ini," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bulukumba, Alfian Mallihungan di sela-sela workshop.

Baca Juga: 3 Investasi Anak Muda Tanpa Uang Tapi Paling Menguntungkan

Alfian Mallihungan yang juga sebagai Ketua Harian penyusunan " roadmap" atau panduan berdasarkan kesepakatan para stakeholder itu, menyebut bahwa dalam timnya, ada bagian perencanaan yang menyusun roadmap perhutanan sosial.

"Setelah rampung semuanya, kita akan kirim ke Kementerian LHK untuk pengusulan dan persetujuan" ungkapnya.

Pembina Yayasan Edukasi, Nurdin Radja mengatakan bahwa peran kepala daerah sangat penting dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis perhutanan sosial.

Baca Juga: PLN Akan Hentikan Sementara Aliran Listrik di Kabupaten Bulukumba, Ini Wilayah Terdampak

"Meski banyak pendapat bahwa perhutanan merupakan kewenangan provinsi. Tapi ini kan masalah masyarakatnya yang mau diberdayakan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Andi Awal Tjoheng

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X