7 Jenis Bahan Talenan yang Harus Anda Tahu, Agar Tidak Menyesal Setelah Beli!

- Sabtu, 29 Oktober 2022 | 15:52 WIB
Jenis-jenis talenan dapur yang wajib ibu-ibu ketahui. (Ilustrasi/istockphoto)
Jenis-jenis talenan dapur yang wajib ibu-ibu ketahui. (Ilustrasi/istockphoto)

Nasional.id - Talenan adalah alat penting untuk kebutuhan memotong bahan makanan dalam proses memasak.  Dalam perkembangannya, talenan telah dibuat dengan berbagai jenis bahan yang berbeda.

Masing-masing bahan talenan punya kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini, 7 jenis bahan talenan yang harus anda tahu sebagai pertimbangan sebelum membeli, dikutip dari Indonesian Chef Association (ICA).

1. Kayu

Bahan ini cukup populer sejak dahulu.  Kelebihannya, bentuk lebar dan kuat, serta tidak menyebabkan mata pisau cepat tumpul. Selain itu, goresan pisau tidak terlihat. Sayangnya, serat kayu pada bahan talenan ini dapat menjadi sarang bakteri, terutama dari bahan makanan seperti daging. Sehingga, perlu perawatan ekstra dan dibersihkan sebaik mungkin.

Bahan talenan kayu yang disarankan, baiknya berasal dari kayu yang keras dan punya pori-pori kecil seperti kayu pinus, jati, beech dan mahoni.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Talenan Dapur Rumah, Ibu-Ibu Wajib Paham!

Baca Juga: Talenan, Peralatan Dapur yang Penting untuk Jaga Keamanan dan Kesehatan Pangan di Rumah

2. Plastik

Pastikan talenan plastik bebas BPA dan food safe atau aman jika bersentuhan dengan makanan.  Talenan jenis ini paling mudah didapatkan dan murah.

Halaman:

Editor: Sriwidiah Rosalina Bst

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pasar Sentral Kota Makassar Terbakar

Selasa, 27 Desember 2022 | 20:35 WIB
X