• Senin, 26 September 2022

Puluhan Ribu PMI di Serawak Ketakutan Tak Punya Dokumen, Lidik Pro Minta Pemerintah Bantu Fasilitasi

- Rabu, 14 September 2022 | 16:35 WIB

LlNasional.id - Sekjen LSM Lidik Pro Muhammad Darwis berkunjung ke Serawak Malaysia dan mendapati puluhan ribu pekerja migran Indonesia (PMI) yang didominasi asal Sulawesi Selatan (Sulsel), tidak memiliki Paspor dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Hal ini yang membuat para pekerja tidak nyaman bekerja karena setiap saat mereka dihantui rasa takut oleh razia rutin yang dilakukan Polis Diraja Malaysia.

Darwis berharap agar pemerintah Indonesia khususnya Gubernur Sulsel turun tangan membantu para pekerja tersebut agar mereka bisa bekerja dengan nyaman tanpa dihantui rasa takut.

Baca Juga: Wanita Pemotor Jatuh Terpental Ditendang ASN di Sinjai Sulsel, ini Reaksi Bupati Sinjai

"Kasian mereka (PMI) mau pulang juga takut karena mereka sama sekali tdk punya dokumen identitas diri. Mohon agar Gubernur Sulsel mau membantu mereka," ujar Darwis melalui keterangan tertulisnya yang diterima Nasional, Rabu (14/9/22).

Para pekerja yang tidak punya dokumen dan identitas diri ini, lanjut Darwis, awalnya dibawa masuk ke Serawak oleh para pengurus atu cukong cukong nakal yang hanya memikirkan uang tanpa memikirkan nasib para pekerja.

Mereka dibawa masuk ke Serawak melalui jalan jalan tikus, mereka dijanji akan dibuatkan paspor namun itu hanya janji yang tak kunjung ditunaikan oleh cukong.

Baca Juga: Penegakan Kode Etik Satpam Lebih Bagus Dibanding Polri, Kata Pengamat Kepolisian

Sesampainya di Serawak mereka diserahkan begitu saja kepada kompeni atau pemilik lahan yang siap menampung mereka meski tanpa dokumen.

"Tapi konsekwensinya adalah, mereka (PMI) harus siap siap lari sembunyi ke dalam hutan bila ada razia dari petugas Polis Diraja Malaysia," tutur Darwis.

Halaman:

Editor: Heri Siswanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X