• Minggu, 27 November 2022

Kisah Pak Tino dan Istri, Sang Pahlawan Ikan Gabus dari Pesisir Pekalongan

- Minggu, 17 Juli 2022 | 15:36 WIB
Pak Tino, pahlawan ikan Gabus dari Kota Pekalongan yang meminta maaf kepada warga  (Twitter.com/@Nasikin_MA)
Pak Tino, pahlawan ikan Gabus dari Kota Pekalongan yang meminta maaf kepada warga (Twitter.com/@Nasikin_MA)

NASIONAL.ID - Suami istri, Pak Tino dan bu Tino warga pesisir kota Pekalongan Jawa Tengah bagi sebagian masyarakat di Kota Batik tersebut sudah tidak asing lagi.

Pak Tino dalam kesehariannya di pesisir kota yang berjarak 101 Km di sebelah barat Kota Semarang tersebut, dalam kesehariannya adalah seorang pencari ikan Gabus (Channa striata).

Bersama sang istri, Pak Tino saban hari blusukan menelusuri rawa demi rawa, pesisir sungai bahkan di tengah-tengah sawah untuk mencari spesies ikan predator yang hanya hidup di air tawar ini.

Baca Juga: Oknum Polisi Brigadir Y Ditahan Diduga Telah Mencabuli 4 Orang Anak Termasuk Anaknya

Dalam beberapa bahasa daerah, ikan Gabus di kenal dengan nama gabos (Palembang), rutiang (Minangkabau), bogo (Sunda) dll ini, oleh beberapa orang dicari karena khasiatnya sebagai obat penyembuhan luka pasca operasi dan di percaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Oleh Pak Tino, berapa pun hasil yang didapatkan dari blusukan mencari ikan Gabus ini, selalu diberikan kepada setiap orang yang membutuhkan, khususnya kepada yang selesai menjalani operasi bedah.

Namun, beberapa hari ini Pak Tino meminta maaf kepada masyarakat. Pasalnya, orang yang setia menemaninya dalam mencari ikan Gabus sedang lemah dan terbaring sakit di RSU Pekalongan.

Baca Juga: Berlaku Hari Ini, Jangan Bepergian Kalau Belum Vaksin Booster

Dikutip dari akun Twitter Penyintas Jantung@Nasikin_MA, kondisi bu Tino sedang terbaring lemah.

Halaman:

Editor: Andi Awal Tjoheng

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X