• Minggu, 27 November 2022

Tak Hanya Mempercantik Warna Makanan, Kenali 13 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Sebagai Obat Herbal

- Senin, 4 Juli 2022 | 19:55 WIB
Kunyit (Turmeric)
Kunyit (Turmeric)

NASIONAL.ID - Kunyit (Turmeric) atau bahasa ilmiahnya dikenal dengan nama Curcuma longa adalah rempah-rempah yang kerap ditemukan di dapur. Kunyit pun memiliki manfaat yang melimpah. Di Indonesia, kunyit disebut dengan berbagai nama diantaranya Kunyir (Sunda),Kunir (Jawa Tengah), Unyi (Bugis),Kuni (Mandar),Garaci (Ternate), Hunik (Batak),dll.

Selain untuk mempercantik warna makanan,satu sendok makan bubuk kunyit mengandung bahan aktif kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, hingga minyak atsiri. Kandungan nutrisi kunyit yang cukup lengkap ini membuat kunyit populer digunakan sebagai obat-obatan herbal.

Sebagai obat-obatan herbal, tumbuhan divisi Spermatophyta ini, mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita, ada baiknya Anda mengkonsumsi kunyit secara rutin dengan takaran yang sesuai. Untuk itu, yuk simak penjelasan 13 manfaat kunyit untuk kesehatan!

Baca Juga: Komisi IV akan Panggil Dinas Kesehatan Terkait Migrasi Nakes ke SKPD

1. Meningkatkan Imun atau Daya Tahan Tubuh
Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Artinya, sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut.

Mengonsumsi air kunyit kuning secara rutin juga bisa membantu memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan berkat adanya zat anti kataral.

2. Mengurangi Nyeri saat Haid
Bagi kamu para perempuan yang sedang mengalami haid, sering kali perut terasa nyeri dan membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Untuk para perempuan Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan jamu kunyit asam yang dipercaya dapat meredakan nyeri saat haid.

Baca Juga: Kabar Duka dari Menantu SBY, Annisa Pohan: Saya dan Mas AHY Ikhlas, Ini yang Terbaik

Bukan hanya mitos, jamu kunyit asam memang bisa meradakan nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kurkumin kunyit yang dapat melemaskan kontraksi rahim sehingga menyebabkan perut kram.

Halaman:

Editor: Andi Awal Tjoheng

Sumber: Beragam Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X