• Minggu, 27 November 2022

Berbeda Dengan Maag, Kenali Gejala Penyakit Asam Lambung yang Bikin Sulit Tidur

- Jumat, 25 November 2022 | 06:00 WIB
Kenali gejala penyakit asam lambung.  (Ilustrasi/istockphoto)
Kenali gejala penyakit asam lambung. (Ilustrasi/istockphoto)

 

Nasional.id - Asam lambung atau gerd dan maag adalah kedua penyakit yang bersumber dari adanya masalah dari lambung. 

Gejala penyakit asam lambung dan maag adalah dua kondisi yang berbeda, namun keduanya membuat rasa tidak nyaman pada perut dan berdampak negatif pada aktivitas sehari-hari seperti sulit tidur. 

Kedua kondisi  penyakit ini baik gejala penyakit asam lambung dan maag harus diketahui gejalanya, agar penanangan dapat dilakukan dengan tepat.

Baca Juga: Memahami Fiqih Darah Wanita, Perempuan Harus Tahu Bedakan Darah Haid dan Istihadhah

Gejala penyakit asam lambung atau gerd merupakan kondisi dimana asam lambung Anda naik dari perut ke kerongkongan, akibatnya akan terjadi sensasi terbakar dan rasa tidak nyaman di mulut. 

Sedangkan maag sendiri merupakan luka kecil atau lesi di lapisan perut atau duodenum bagian pertama dari usus Anda,penyebabnya adalah bakteri yang dikenal sebagai Helicobacter pylori (H. pylori) atau mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID).

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterologi Hepatologi, dr Indra Marki, Sp.PD-KGEH, FINASIM menjelaskan bahwa kedua kondisi ini terjadi karena adanya asam lambung, hanya sajanya terdapat perbedaan. 

“Asam lambung atau gerd dan maag disebabkan karena asam lambung yang berlebihan, bedanya gerd naik ke tenggorokan sedangkan maag hanya di lambung,” ujarnya. 

Halaman:

Editor: Sriwidiah Rosalina Bst

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Meredakan Nyeri Haid, 5 Obat Alami Ini Dipercaya Ampuh

Minggu, 20 November 2022 | 19:00 WIB
X