• Senin, 26 September 2022

Amerika Serikat Bunuh Pemimpin Al Qaeda Ayman Al-Zawahiri

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 16:58 WIB
 (foto: istimewa)
(foto: istimewa)

Nasional,id - Amerika Serikat (AS) membunuh pemimpin Al Qaeda Ayman al-Zawahiri dalam serangan pesawat tak berawak (drone) di Afghanistan.

Presiden AS Joe Biden mengatakan Zawahiri, yang berusia 71 tahun, tetap menjadi simbol internasional kelompok teroris tersebut 11 tahun setelah Osama bin Laden tewas.

Zawahiri bahkan disebut bertindak sebagai dokter pribadi bin Laden.

Baca Juga: Gratis, Link Download Logo HUT RI ke-77 dan Pedoman serta Filosofi Logo Angka 77

"Dia sangat terlibat dalam perencanaan serangan 11 September 2001 (9/11), salah satu yang paling bertanggung jawab atas serangan tersebut yang menewaskan 2.977 orang di tanah Amerika. Selama beberapa dekade, dia adalah dalang serangan terhadap orang Amerika," kata Biden dalam konferensi pers di Gedung Putih pada Senin (1/8).

"Saya pun menyetujui serangan tepat untuk memusnahkan dia (Zawahiri) dari medan perang sekali dan selamanya," papar Biden lagi.

Zawahiri selama ini berlindung di sebuah rumah persembunyian di Kabul, menurut pejabat AS. Ia tewas setelah dua rudal Hellfire menerjang rumah tersebut.

Serangan drone AS itu dilakukan pada Sabtu akhir pekan lalu sekitar pukul 21.48 waktu setempat.

Baca Juga: Mayat Perempuan dalam karung yang Ditemukan di Tempat Sampah Terkuak, Korban Dibunuh Suami

Tidak ada personel Amerika yang berada di Afghanistan saat serangan terjadi. Biden telah mengesahkan operasi serangan tersebut sejak beberapa pekan lalu.

Halaman:

Editor: Heri Siswanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X