• Minggu, 27 November 2022

Uang Pelicin untuk Kuliah di Universitas ini Rp350 Juta, Rektor, Warek, Ketua Senat Langsung Disikat KPK

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 13:39 WIB
diduga terima uang pelicin dari orang tua calon mahasiswa, rektor universitas lampung (Unila) ditangkap KPK (gedung KPK. foto: istimewa)
diduga terima uang pelicin dari orang tua calon mahasiswa, rektor universitas lampung (Unila) ditangkap KPK (gedung KPK. foto: istimewa)

Nasional.id - Untuk kuliah di Universitas Lampung (Unila), orang tua calon mahasiswa harus merogoh kocek dalam dalam sebagai uang pelicin.

Pasalnya, untuk masuk kuliah di Universitas Lampung jalur seleksi mandiri diduga harus menyogok atau pakai uang pilicin yang jumlahnya dari Rp100 juta hingga Rp350 juta.

Saat ini rektor Universitas Lampung atas nama Karomani (KRM) telah diamankan oleh petugas Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK karena diduga dalang dari penerimaan uang pelicin tersebut.

Baca Juga: Kr.Gassing Mantap Maju Dipilkades Desa Panyangkalang Berbekal Dorongan Masyarakat

Karomani ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Gedung Merah Putih KPK dan telah ditetapkan sebagai tersangka bersama tiga orang lainnya yakni,

Wakil Rektor (Warek) Unila 1 Bidang Akademik atas nama Heryandi (HY), Ketua Senat Unila atas nama Muhammad Basri (MB) serta seorang pengusaha swasta atas nama Andi Desfiandi atau (AD).

Mereka ditangkap pada operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar KPK di tiga tempat berbeda yakni di Lampung, Bandung, dan Bali.

Baca Juga: Plt Wali Kota Bekasi Minta Camat dan Lurah Untuk Rajin Turun ke Lapangan

Pada OTT tersebut, KPK menyita sejumlah barang bukti mulai slip setoran deposito Rp800 juta, kartu ATM, buku tabungan berisi uang Rp1,8 miliar, uang tunai mencapai Rp5,4 miliar dan emas batang senilai Rp1,4 miliar.

Karomani diduga memerintahkan Heryandi, dan Muhammad Basri serta Kabid Humas Unila yakni Budi Sutomo untuk turut serta menyeleksi secara personal para orang tua mahasiswa.

Halaman:

Editor: Heri Siswanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nikita Mirzani Dijebloskan Ke Rumah Tahanan

Selasa, 25 Oktober 2022 | 19:53 WIB

Rizky Billar Ditetapkan Sebagai Tersangka

Kamis, 13 Oktober 2022 | 06:15 WIB
X